Tuesday, October 1, 2013

SELAYANG PANDANG
 
Pada tahun 1998, pengasuh Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, almarhum K.H. Ali Maksum meminta kepada santrinya K.H. Rosim Al Fatih, Lc. untuk pulang ke tanah air setelah 11 tahun memperdalam ilmu agama di Arab Saudi. Beliau meminta sang santri untuk menyebarkan syiar Islam di wilayah kota Yogyakarta bagian utara sekaligus tidak lupa memberikan nama untuk pondok pesantren yang akan dirintis oleh sang santri. Tidak lama kemudian, berdirilah lembaga pengajian dan pendidikan keagamaan yang bernama lengkap Pondok Pesantren Al-Barokah.


Pada awalnya Pondok Pesantren Al-Barokah hanya berupa rumah kontrakan sederhana yang menjadi tempat pengajian untuk anak sekitar pondok. Atas berkat rahmat Alloh, Pondok Pesantren Al-Barokah kini telah memiliki dua komplek putra, satu komplek putri sekaligus tempat tinggal pengasuh, terhitung mulai tahun 1997 telah dirintis Madrasah Diniyah Al Barokah melalui sistem pengajian berjenjang dengan pengajar dari dalam dan luar pondok pesantren.


PENGASUH


K.H. Rosyim Alfatih, Lc. lahir di Wonosobo Jawa Tengah pada tahun 1956 sebagai putra pertama dari Almarhum K.H. Muhson. Dimasa kanak-kanak beliau nyantri pada ayahnya. Setelah lulus Sekolah Dasar beliau pergi ke Yogyakarta untuk nyantri di Pondok Pesantren Krapyak selama beberapa tahun sampai kuliah di IAIN Sunan Kalijaga Semester II. Kesempatan memperoleh beasiswa di Fakultas Syariah Islamic University Madinah dimanfaatkan beliau untuk menyabet gelar Lc. Selanjutnya beliau pindah ke Mekkah untuk nyantri kepada Sayyid Muhammad Alawy Al Maliki. Akhirnya beliau menyunting seorang hafidhoh yang bernama Nyai Anita Durotul Yatimah, putri dari Almarhum K.H. Zamruddin Mlangi Gamping Sleman Yogyakarta.
Reactions:

2 comments:

TAHRIR AS'ARY NURBAHRI said...

mas mau daftar online iso apa ndak ya

ahmad soim said...

untuk saat ini belom bisa mas @Tahrir silahkan datang aja ke jogja atau bisa juga menhubungi nomer telfonnya..